Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Kegunaan Kayu Dari Berbagai Karakter


Kayu bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan,  misalnya untuk membuat rumah, kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain, tentu saja kayu sangat banyak kegunaannya. 

Saat ini kayu-kayu yang sering kita kenali adalah kayu jati, kayu jati dikalangan orang jawa adalah sebuah simbul kekuatan, dimana kayu jati adalah kayu asli Indonesia, konon Belanda negaranya saat itu akan tenggelam oleh tingginya air laut, dan negara Belanda sendiri adalah negara yang permukaannya dibawah permukaan laut, kayu-kayu jati yang ada di negara kitalah sebagai benteng dari terjangan air laut tersebut, sehingga kekuatan kayu jati sangat teruji. 


                                              Pesan cat Milesi bisa melalui Kami



Asal mulanya kayu muncul sekitar 395-400 juta tahun yang lalu, manusia telah menggunakan kayu untuk berbagai keperluan dari ribuan tahun yang lalu, sebagai alat membuat rumah, perahu, kontruksi, kayu bakar, juga sebagai tempat berlindung dan sebagai senjata.

Kayu-kayu keras dan lunak

Menurut laman Wikipedia, ada kaitan yang sangat erat antara sifat-sifat kayu dengan sifat kayu jenis pohon yang menghasilkannya. 

Kerapatan (densitas) kayu bervariasi menurut speciesnya, kayu mahoni kayu jati misalnya, memiliki kerapatan sedang hingga tinggi, sehingga baik untuk di buat furniture, dan kayu kontruksi, akan tetapi kayu dadap dan kayu randu, kerapatannya rendah, sehingga hanya layak digunkan untuk kayu yang tidak memerlukan kekuatan.





                                  Kayu lapis kombinasi besi

Pengertian Kayu lunak dan Keras

 Dalam bahasa Inggris kayu keras hardwood dan softwood, berturut-turut lebih terkait dengan tumbuhan yang menghasilkannya.

Hardwood dihasilkan oleh jenis pohon berdaun lebar, kelompok (dikotil), sementara softwood dihasilkan oleh jenis pohon yang berdaun jarum (conifer) dalam kenyataannya jenis-jenis kayu keras tertentu, yang memiliki kerapatan rendah, bisa lebih lunak  daripada jenis kayu lunak berkerapatan tinggi.

Kayu telah lama digunakan sebagai kayu bakar hingga saat ini, terutama untuk daerah pedesaan, kayu yang keras lebih dipilih sebagai bahan kayu bakar, karena lebih mampuh terbakar lebih lama, dengan asap yang lebih sedikit, selain sebagai kayu bakar secara langsung, kayu juga bisa dijadikan biofal dengan mengolah biomassa lignoselulosa dengan gasifikasi, pirolisi, dan biokimia yang bisa menghasilkan bahan bakar, seperti sysgas, biometanol, dimetil eter, dan butanol,tergantung proses yang digunakan.




                                   Alat musik Biola terbuat dari kayu

Kayu juga dapat digunakan sebagai patung seni, seperti patung hewan dan manusia, sebagai alat musik , seperti biola, gitar, dan  piano, kayunya sendiri tentunya yang memang sesuai karakter kekuatan dan mudah untuk di bentuk. 

Kayu digunakan sebagai peralatan oleh raga,  seperti memukul baseball, lantai basket, atau parketnya, tongkat hockey, busur panah, walau saat ini sudah banyak diganti.




Kayu sebagai alat kedokteran

Pada tahun 2010 para ilmuwan Italia mengtakan, bahwa kayu dapat digunakan  sebagai bahan pengganti tulang, diperkirakan pada taun 2015 metode ini bisa diaplikasikan kepada manusia.

Kayu bisa digunakan sebagai bahan Salib, kayu digunakan pada peristiwa penyaliban Yesus, (crux dalam bahasa Yunani) berupa sebuah balok kayu tegak dengan tambahan palang horizontal. Dalam perjanjian baru Petrus, tercatat dua kali menggunakan kayu xylon dalam bahasa Inggris (tree.) 

Kayu tersebar di Indonesia dari Sabang sampai merauke, tentunya tidak bisa kita sebutkan satu persatu, dan susah untuk kita pahami secara rinci, luasnya hutan di Indonesia menjadikan kita semua bisa menggunakan kayu dengan berbagai variasi, sehingga kayu- kayu tersebut bisa digunakan bukan hanya untuk furniture dan kayu bakar saja, namun justru lebih banyak lagi, untuk membuat kertas, membuat perahu sampan, pegangan senjata, setir mobil pegangan kopling.

Diluar itu juga kayu bisa dijadikan sebagai penahan rumah yang ada di sungai  sepeti rumah Lanting di Kalimantan yang menggunakan kayu Ulin, yang kuat terhadap air.


                                      Kayu Ebony Makassar


Kayu Makassar ebony misalnya, kayu yang dari segi harga sangat  mahal, ini dulunya sebagai alat membuat perkakas dan furniture, kayu dengan serat hitam ini, saat ini sangat langka dan dilindungi, dan kayu yang hampir mirip, yaitu kayu sono keling namun kayu sonokeling lebih halus seratnya. Namun bagaimanapun kayu yang ada di negara kita tidak kalah jauh dengan kayu dari luar negeri.

Kayu-kayu yang dari luar negeri sangat sulit untuk kita dapatkan dengan berbagai alasan, harga yang tinggi bea masuk sebagai pertimbangan, harga dasarnya memang sudah sangat tinggi. Kayu-kayu luar kebanyakan berbentuk kayu lapisan atau Vineer. Yang nantinya dibuat menjadi tempelan plywood. 

Kayu di Indonesia yang umum digunakn untuk furniture:

Kayu Jati

Kayu Mahoni

Kayu Ulin 

Kayu Sungkai

Kayu Merbau

Kayu Sengon 

Kayu Cendana

Kayu Bangkirai

Kayu Suren

Kayu Albasiah

Kayu Sonokeling

Dan kayu lainnya

Kayu–kayu tersebut memang ada yang dari luar negeri, tapi sudah umum dan tumbuh di Negara kita.


Sementara kayu dari luar 

Kayu Walnut

Kayu Oak

Kayu white Ash

Kayu Blur

Kayu ekaliptus

Kayu Winge

Kayu Mepel

Kayu  pink ivory

Kayu Purple heart

Kayu Dalbergia

Kayu Bubinga 

Kayu Tiger Wood.

Kayu  Cherry

Dan masih banyak lagi kayu lainnya.




0 Response to "Kegunaan Kayu Dari Berbagai Karakter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel