Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Cara Mengatasi Finishing Furniture Mengembun Pada Permukaan

 


Furniture yang bagus adalah. tampilan dari modelnya menarik, catnya, warnanya, dan kekuatan kontruksinya di desain sesuai kebutuhan produksi furniture tersebut.

Furniture yang bagus tentunya tidak bisa dibuat asal- asalan, disini pentimgnya menguji kekuatan kontruksi furniture, misalnya untuk kursi dicoba diteakan dan di goyang masih terlihat gerak atau tidak, kontruksi kayunya yang tidak kuat dan mudah rapuh, catnya yang kadang mengelupas, mengembun dan berjamur, tentu saja ini akan menjadi masalah dikemudian hari.

Langkah pertama membuat furniture bagus adalah:

Kontruksi yang bagus adalah keharusan, lem penempelnya tidak gerak ketika akan di finishing, sudah di press, kayunya sudah kering dan sudah masuk oven misalnya bersuhu 103kurang lebih 20c, kayu ditimbang kemudian dikeringkan lagi sampai beratnya tetap, kadar airnya sendiri dihitung dengan rumus berat awal dan berat akhir berat akhir x100%, kayu yang tidak terkena rendeman air, minyak, yang bisa mengelupaskan permukaan cat, misalnya oli, minyak pelumas lainnya.

Disinilah pentingnya memahami karakter kayu, agar hasil furniture menjadi maksimal dan bernilai tinggi, sebab, kebanyakan orang dalam membuar furniture menggunakan kayu jati, kayu yang memang kuat terhadap rayap dan cuaca, namun perlu adanya pengetahuan dasar kayu apakah kayu tersebut sudah layak ataua belum untuk dijadikan furniture.



Kayu jati sangat bagus dibuat furniture seperti meja, kursi, kusen rumah, jendela, dan furniture lainnya, disamping itu juga kayu yang kuat adalah kayu merbau, kayu merbau sangat kuat dibuat kursi, meja kerja, kusen dan jendela, kayu ini terkadang dibuat kontruksi rumah sebagai penopang dan lain lain-lain

Kayu  Ulin

kayu ulin juga sangat bagus untuk dibuat furniture, tentu saja kayu ini sangat keras, sehingga harus lebih ekstra karena biasanya kayu ini retak akibat serat, dan pengeringannya.

Kayu Bangkirai

 Kayu bangkirai juga kayu yang sangat bagus untuk membuat furniture yang kuat, tentu saja kayu-kayu tersebut nilainya sangat mahal, namun sebanding dengan hasil yang akan di dapatkan nantinya.

Kayu kamper

Kayu yang satu ini memang sangat umum digunakan oleh masyarkat kita, terutama untuk membuat kusen, pintu, dan jendela, dan kontruksi rumah, harganya lebih murah dari kayu-kayu  tersebut, sehingga banyak yang menggunakan kayu ini, dari mutu dan kekutan juga tidak kalah jauh berbeda, kuat terhadap rayap dan cuaca.

Selanjutnya adalah bagimana sih mengatasi supaya kayu tidak mengembun saat penyemprotan ke furniture?

Hasil finishing yang mudah mengembun pada furniture, biasanya saat penyemprotan, thiner kurang bagus lebih mengandung alkohol dan air, cat yang terlalu kental, selang mengandung air, suhu ruangan yang terlalu dingin, dan cat yang terlalu tebal pada permukaan furniture.



Mengembun tidak rata

Mengembun yang tidak rata biasanya di akibatkan pengeringan yang terlalu cepat, thiner yang daya uapnya terlalu cepat sementara cat tidak bisa menguap secara maksimal, ini sering terjadi pada pojokan bidang furniture, yang lebih tebal, sehingga akan mengeluarkan uap pada permukaan kayu yang terbawa oleh thiner yang kurang bagus, air akan terjebak diantara cat dan thiner.




Solusi agar furniture tidak mengembun

Solusi agar furniture tidak mengembun adalah:

1.     Gunakan thiner yang lambat kering thiner pu untuk cat PU.

2.     Menggunakan hardiner/ pengering sesuai takaran.

3.     Suhu ruangan tidak terlau dingin.

4.     Selang tidak membawa kadar air, bersihkan air dari alat peniup compressor.

5.     Lampu tembak untuk menghangatkan ruangan yang terlalu dingin.

6.     Sirkulasi udara harus baik, sehingga perputaran oksigen agar stabil.

7.     Oven ruangan yang stabil suhunya.

 

Mengatasi furniture yang sudah mengembun.

Langkah pertama adalah biarkan mongering terlebih dahulu, apakah mengembunnya menghilang atau tetap, apabila tetap walau sudah kering, furniture tersebut diampelas kembali sampai benar-benar hilang kabutnya, setelah itu spray tipis masih ada atau tidak dengan cat yang bagus, dan sesuai bidang kerja yang saya sebutkan diatas atau bisa membasuhnya dengan thiner untuk melihat tampilan permukaan furniture dengan kain majun.

Kalau memang masih ada, bisa mengeroknya dengan bahan kimia seperti marinol, sampai benar-benar habis putih embunnya.

Ini tentunya akan menjadi cost produksi menjadi tinggi, disamping waktu yang akan banyak terbuang.

Dalam sebuah aplikator finishing perlu adanya buku panduan dan cat yang memang baik, sehingga walau lebih mahal, dari hitungan waktu dan biaya akan jauh berbeda, menggunakan barometer udara, alat tes kadar air pada thiner, alat ukur kekentalan cat, angin  kompressor yang selalu bersih dari air.

Tentu saja yang terakhir adalah pekerjanya yang memahami finishing secara maksimal dibidang finishing furniture.

 Menggunakan cat Milesi tentu saja solusi terbaiknya dalam pengaplikasian finishing pada bidang furniture kayu, sehingga waktu dan resiko yang timbul seperti diatas akan bisa ditekan.

Penting bagi pegusaha furniture agar hasil kerja menjadi maksimal dan bernilai tinggi, mari kita jabarkan lebih luas, membeli bahan finishing murah resiko yang akan timbul diantanya:

mengabut, tampilan kulit jeruk, warna cepat memudar, yellowing untuk warna putih, cat terkadang tidak rata kasar, lama proses pengeringannya.

Masalah ini sering terjadi kepada pengusaha furniture pemula, yang tidak banyak mengetahui cat yang baik untuk aplikasi modern, sehingga ketika mendapatkan pesanan dengan nilai besar akan sangat merasa kesulitan.

Ownernya tentu saja tidak puas dengan hasil finishing yang dikerjakan,  dan tentu saja ini akan menjadi penghambat untuk tahap selanjutnya, ini penting untuk diperhatikan dengan biaya dan cost kita, bahwa untuk menggunakan cat harus kita hitung, dan dijelaskan secara detail akibat dan permasalahan yang terjadi, menggunakan cat yang bagus tentu saja harga dan nilainya menjadi lebih tinggi, tetapi resiko yang muncul akan bisa ditekan.

Terima kasih semoga bermanfaat.












 

0 Response to "Cara Mengatasi Finishing Furniture Mengembun Pada Permukaan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel