Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Furniture Awet Dan Bagus Dengan Bahan Yang Sederhana.



Sumber gambar dari interior magazine

Kalau selama ini furniture bagus hanya dengan cat yang bagus pula.
Namun ketika budget kita tidak cukup untuk membeli produk terbaik tapi berharap bagus.
Selama ini orang beranggapan furniture harus menggunakan kayu jati supaya kuat dan tahan.
Sebenarnya tidak mesti, kekuatan kayu bisa disiasati dengan berbagai cara, memperlakukan kayu dengan berbagai karakter. 

Salah satunya dengan versi yang tidak terlalu tebal untuk kayu yang memang sudah tua, agar tampilan kayunya tetap utuh dan nampak alami, menggunakan Waterbase untuk penahan debu, air dan kotoran masuk kedalam pori-pori kayu.
Ini sangat menghemat biaya, tidak harus di spray atau di finishing secara berlebihan, menggunakan sending sealer, warna dan top coat, yang berulang-ulang secara proses.

Selanjutnya, membuat furniture dengan konsep antik, minimalis dan bergaya artistik dan rastik.
Tentu disini harus bisa mendesain nya dengan sudut ruangan, memahami tekhnik penempatan furniture, dengan berbagai paduan warna ruangan yang ada. 


Penempatan dan perpaduan sangat penting, karena semewah apapun furniture yang dibuat, bila desainnya tidak sesuai maka hasilnya akan kurang bagus, nora, dan terkesan asal.
Membuat dan memadukan furniture, disebuah ruangan, yang sesuai dengan desainnya, ini akan menjadi sebuah cermin kepada si pemilik furniture tersebut.
Kenapa bisa begitu?
Alasannya, sudah bisa ditebak bahwa, orang yang ada dirumah tersebut sangat memahami karakter suatu bidang, cara bergaul, cara membeli, cara meletakan suatu benda, disiplin, dan lebih menghargai hidup yang teratur.

Memang tidak seratus persen benar, namun bagi saya pribadi, membeli furniture mewah pun kalau kita sendiri tidak bisa menempatkan, maka, furniture yang dibeli jutaan atau puluhan juta rupiah akan bernilai rendah.


 


Kenapa desain dan konsep sangat penting dalam membuat furniture?.
Membuat panel dinding, tidak mesti menggunakan kayu jati yang bernilai tinggi apabila memang budget kita tidak cukup, bisa menggantinya dengan kayu yang lebih murah, misalnya kayu suren, kayu sengon, kayu akasia, kayu -kayu ini mempunyai serat yang hampir sama dengan kayu jati, dengan perpaduan warna, yang mendekati jati, misalnya tea brown, salak brown, dan walnut brown, warna-warna ini sangat baik apabila digunakan untuk kayu tersebut, sehingga tidak merubah tampilan dan serat kayunya.
Kemudian top coat tipis agar tetap kayu terlihat asli.

Demikian juga membuat panel dinding dengan peti-peti dan kayu bekas.
Yang pertama adalah memilih kayu yang layak, mensoltirnya agar kayu tidak rusak antara kayu yang ada rayapnya dan tidak, lebih baik menggunakan anti rayap terlebih dahulu, agar kayu bisa bertahan lama, cukup mengulasnya dengan anti rayap.
Setelah kayu benar-benar sudah siap. Tinggal menyiapkan baking multipleks pada dinding, pungsinya untuk menempel kayu -Kayu bekas tadi. Gunakan lem putih, misalnya Pox, dibantu dengan lem power yang lebih cepat kering, juga lem kuning, apabila permukaan kayunya rata, tentu lebih mudah cara menempel nya dibanding lem putih.
Baking multiplekas nya antara 12mm sampai 15mm, dengan cara dilot dengan water pas.
Kayu -Kayu tadi tinggal ditempelkan, tentu saja disini perlu sekali nilai seni, karena tampa kita mengenali seninya, hasil tempelan kurang bagus, browsing model yang kita akan gunakan coraknya di internet, sebagai paduan. 


Selajutnya selanjutnya, memadukan warna kayu sedikit dengan wash, menggunakan kuas dan kain. Agar warna sedikit lebih rata sesuai warna yang diinginkan, misalnya lebih ke abu-abu tua, ke warna hitam, atau dibiarkan natural.
Kemudian tinggal coating dengan versi kilap antara 20-30 persen.

Berikutnya adalah panel lapisan dari multipleks dengan tampilan kayu kelapa atau winge. Kayu yang berserat besar, multipleks tentu saja tidak berserat, namun bisa kita buat serat besar dengan cara menyikatnya dengan paku satu arah,
Multipleks nya usahakan yang 3mm, agar lebih mudah, biasanya multipleks akan terlihat urat besar bawaan kayu lapis tersebut, ini tentunya sangat bagus.
Multipleks yang sudah disikat dengan paku, kemudian di warna dengan cara wah kuas, tentunya warna sesuai yang diinginkan kayu kelapa biasanya terlihat tua, bisa dengan WS black dan di campur dengan WS Cocoa. Atau warna lainnya.
Kemudian sending tipis, pungsinya sending dealer disini, untuk mengangkat bulu sisa sikatan paku tadi, kemudian dihampelas dengan grid 240 atau 360.
Tahap selanjutnya adalah coating atau finish akhir. 


Cara masang nya beragam, ada yang sistem silang seperti kotak catur atau dibiarkan satu lembar.
Namun biasanya satu lembar multipleks tidak rata, sehingga harus ada pemotongan dan di buat antara 4 sampai 6 potong.
Menempel nya sangat mudah, kedua bidang baking dan panel dilapisi dengan lem kuning sehingga daya rekatnya akan maksimal dan rata.

Membuat furniture murah selajutnya adalah dengan Graining tools alat pembuat urat kayu.
Ini memang sedikit banyak yang tidak memahami, namun orang luar sudah sangat banyak menggunakan sistem ini, membuat serat kayu tidak harus membeli kayu, namun dengan alat ini.
Langkah pertama adalah permukaan yang akan dibuat urat harus rata, misalnya panel, meja, pintu, kusen dan lain-lain lain. 


Berhubung prosesnya nanti dkuaskan maka permukaannya harus benar kuat dari segi catnya,
Lapisi permukaan bidang tadi dengan glaze cat yang khusus untuk membuat motif marmer, berwarna coklat atau warna lainnya, namun glaze lebih banyak berwarna coklat.
Kenapa harus glaze ( glis) sebab cat ini pengencer nya adalah apduner atau minyak Sehingga lama lambat kering, dan mudah untuk dibuat motif, sehingga apabila kurang bagus bisa menghapusnya dengan kain majunya, kemudian buat kembali. 


Hasil Graining Tools oleh Niko
Untuk membuat sistem Graining tools ini sangat mudah, begitu juga di you tube ada tutorialnya.

Demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat, dan jangan lupa apabila ada pertanyaan silahkan klik logo WA.


alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar alt/text gambar

0 Response to "Furniture Awet Dan Bagus Dengan Bahan Yang Sederhana. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel