Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Sejarah Furniture-Mebel Asia Dan Dunia

 


Furniture adalah perabotan rumah, seperti  kursi meja lemari dan lain-lain.

Furniture atau mebel, berasal dari kata movable, yang artinya bergerak pada jaman dahulu kursi dan lemari relatif mudah digerakan daripada batu besar,tembok dan atap. Sedang kata furniture, berasal dari bahasa Prancis Fourniture 1520-30 Masehi,  fourniture mempunyai asal kata fournir yang artinya finish

Walau dalam kenyataannya mebel dan furniture adalah semua benda yang ada dirumah yang digunakan oleh penghuni rumah untuk duduk berbaring dan menyimpan benda-benda kecil sehingga lebih mudah dan rapih.

Mebel sendiri fungsinya jika tidak ada dalam kehidupan kita dirumah, akan terpaksa duduk dilantai, tentunya akan kesemuatan dan cepat pegal, tidur tidak akan merasa nyaman, begitu juga saat bekerja akan terasa cepat pegal, dengan adanya furniture atau mbel didalam rumah, apapun yang kita letakan akan terlihat rapih dengan adanya furniture dirumah kita, tentu saja saat kita tidur akan terasa nyaman, bekerja akan menadi sangat mudah.

Itulah sebanya furniture dan mebel yang jaman dulu masih bertahan sampai saat ini, sebagai alat penunjang keseharian kita, baik saat bersantai, atau saat bekerja dan melakukan aktifitas sehari-hari.

Mebel tertua yang diketemukan samapai saat ini adalah mebel situs di Oarkney zaman neolithic sekitar tahun 3100-2500 SM.

Mebel bukan hanya bermanfaat saat kita beraktifitas saja, tapi mebel juga menjadi sebuah makna sosial bagi penggunanya, sehingga mebel itu sendiri menjadi sebuah cermin yang bisa kita artikan sendiri. Sebagai nilai sosial, membeli mebel dengan warna dan kayu yang mahal, desain mebel yang modern ini akan menjadi sebuah nilai, misalnya saja mebel kayu jati, pintu rumahnya dan perabotnya menggunakan kayu yang bernilai tinggi.

Makna mebel pada zaman sekarang dimana sudah tidak ada staus raja, kursi bisa dijadikan saran menyampaikan status ekonomi seseorang, sehingga tidak perlu lagi menanyakan merek a orang kaya atau bukan, tanpa berbicara mebel yang mereka guanakn sudah berbicara secara ekonomi secara verbal mereka adalah orang kaya.

Kursi tertua


Sejarah mebel dideteksi dari artefak, atau peninggalan bersejarah atau bisa dilihat dari peninggalan kuno, bila diurutkan secara kronologis, sejarah mebel ini dari zaman neoletikum, klasik, eropa moderen abad 19, amerika utara, moderen, zaman hijau, konteporer.

Mebel dizaman Neoletikum, di desa skara Bare, Orkney, scotlaindia utara, terdapat situs rumah kuno peninggalan zaman neoletikum 3100-2500 sebelum masehi. Menariknya, dirumah batu tersebut terdapat perlengkapan yang cukup lengkap, sepeti  lemari pakain, tempat tidur, tempat duduk dari batu, dan wadah kering,  lemari pakaian menjadi mebel sangat penting pada waktu itu, hal ini terlihat dari letaknya dekat pintu masuk, pada lemari pakain ini terdapat pahat bulat, yang terbuat dari batu batu.

Mebel zaman klasik

Furniture diketemukan pada awal abad ke 8 SM di Phrigian, bukit Midas,di Gordion, Turki, potongan diketmukan disini termasuk meja dan tatahan yang berdiri, ada juga peniggalan yang masih bertahan dari Siriah abad 9-8 masehi dari Istanag Nimrud.

Tiruan Klismos ( Hardvard 1972-45)2 Karpet paling awal diketemukan adalah karpet Pazyryk, karpet ini diketemukan di sebuah makam beku di Siberia dan kira- kira peninggalan abad 6 SM  dan 3.

Karpet Pazyryk. 

Furniture Mesir kuno juga diketemuan tempat tidur di Tarkhan, diketemukan juga tempat tidur dan kursi yang berlapis emas dari makam ratu Hatempheres.

Kursi Klismos di vas zaman Yunani.

Desain furniture yang sudah maju diketemukan di Yunani kuno di milenium 2 sebelum Masehi, termasuk salah satunya tempat tidur dan kursi Klismos, desain terlihat pada gambar vas Yunani.

Pada tahun 1748 terdapat program penggalian Herculaneum Pompeil, lantas diketmukan furniture Romawi, letusan Vesuvius 79 AD ikut membantu pengawetan furniture ini.


Untuk memesan cat Milesi hubungi nomer telpon +62 812 8463 0000

Sejarah Mebel di Asia

Mebel di asia sedikit berbeda dengan mebel Barat, mebel  asia mengembankannya  sendiri walau terdapat pengaruh dari barat, akibat adanya interaksi warga asia dan barat, melalui kolonialisme, pendidikan, dan informasi, mebel asia dengangayanya sendiri lahir dari Indonesi, terutama Jepara, Bali, Jepang, Pakistan, India, Burma, Korea dan Mongolia.

Indonesia sendiri mempunyai gaya yang unik dengan aneka ragam ukir, yang beragam, ornamen yang beraneka ragam, tentu saja setiap wilayah mempunyai ciri khas yang berbeda, walau dalam bentuk ukiran, atau furniture yang mereka buat.

Sumber dari wikipedia


0 Response to "Sejarah Furniture-Mebel Asia Dan Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel