Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Cara Membuat Cairan Pengelupas Furniture Kayu dan Besi

 


 By Mathew Furniture- Niko

Industri Permebelan berkembang pesat saat ini, baik Industri bersekala besar dan kecil. home Industri dan yang bersifat pribadi 

Furniture tidak bisa dipisahkan dari yang namanya lapisan, baik itu cat vernis, cat duco dan melamik, baik besi dan kayu, semua untuk menghasilkan mutu harus ditunjang oleh lapisan cat, fungsinya agar furniture tersebut menjadi awet dan tahan lama.

Namun bagaimana seandainya cat furniture tersebut itu akan di ganti dengan merek atau warna lain?, sedang lapisan cat sudah terlanjur menggunakan bahan yang berbeda, lapisan menggunakan cat sifatnya Nitro Cellulosa atau NC, dimana cat ini biasanya tidak kuat dan apabila di timpah dengan cat yang bersifat PU atau Polyeurethan yang kekuatannya lebih keras akan mengalami keretakan, begitu juga sebaliknya.

Cat ini tidak bisa di campur secara bersamaan dalam satu bidang sehingga akan menjadi efek retakan yang sangat kontras.

Tentu saja furniture yang sudah dilapisi cat berbeda akan mengalami kontraksi, satu-satunya jalan adalah mengelupasnya atau membersihkan cat tersebut dari permukaan furniture baik besi dan kayu.

Untuk saat ini memang kebanyakan menggunakan cairan pengelupas yang banyak di toko secara ecer dan berbentuk kalengan, sehingga tidak bisa dipisahkan lagi, karena cara penggunaannya sangat simpel sesuai aturan yang tertera di dalam kemasan tersebut, tinggal menguaskan saja pada bidang furniture.



Namun ada juga yang menggunakan coustic soda atau sering disebut soda api. soda api sendiri memang sifatnya reaktif, dan tentu saja mudah diemukan di toko kimia, harganya juga lumayan murah, soda api sendiri memang mempunyai keistimewan, bisa melunakan permukaan lapisan cat, sehingga cat yang ada di furniture menjadi rusak

Soda api sendiri karena mempunyai sifat reaktif, sehingga apabila pengunaanya tidak bersih setelah dialpisi, maka akan timbul menjadi karat, dan keropos, maka pengguanaanya harus benar dan diperhatikan agar permukaan furniture tidak menjadi rusak, penggunaan yang tidak hati-hati akan merusak atau menjadi efek terbakar. gunakan sarung tangan dan kaca mata pengaman.

Mungkinkah kita bisa membuat cairan  Pengelupas cat atau remover?,  karena secara hitungan mungkin bisa lebih hemat, apabila mempunyai bahannya. baiklah saya akan bahas dibawah.

Untuk membuat cairan pengelupas cat pada furniture, setelah saya bahas bisa menggunakan soda api. namun bisa juga dengan menggunakan beberapa kimia berikut:

1. Toluol sekitar 60%

2. Butanol 5%

3.Butyl acetat 15%

4. Ethyl Acetat 20%

Total menjadi 100%

Caranya campurkan bahan tersebut menjadi satu dalam satu wadah, kemudian aduk sampai benar-benar rata, perlu diingat juga ke empat bahan tersebut sangat mudah menguap dan terbakar, sehingga harus dijauhkan dari api.

Ke empat bahan tadi memang bukan untuk merusak permukaan cat, seperti halnya soda api tadi, namun keempat bahan ini bersifat melarutkan bukan merusaknya secara langsung dan rusak, sehingga perlu adanya kimia yang namanya Lanolin ditambahkan ke empat kimia tersebut sehingga zat Lanolin memberikan epek perlindungan kepada kita yang menggunakan, sehingga lebih aman, namun kesemua zat itu sifatnya mudah menguap dan terbakar, sehingga harus lebih hati-hati, menggunakan sarung tangan dan kaca mata pelindung.

Resiko dan penanganan  apabila terjadi cipratan mengenai mata dan tangan.

1.Bila terjadi cipratan terkena tangan segera di cuci dengan air, agar tidak gatal dan panas, kemudian mengelapnya dengan kain bersih.

2. Terkena mata. cuci dengan air yang mengalir selama 15- 20 menit, jangan di gosok  dengan tangan agar tidak merusak lpisan selput mata, dan terus menerus mencucinya.

3. Memberi Vitamin tetses dan minum air putih untuk membantu penyembuhan.

4. Antibiotik minum (doxycyline) pungsinya untuk membantu peradangan.

5. Minum Acetazolamide bila terjadinya tekanan pada mata.

6. kosultasi dengan dokter di rumah sakit. untuk penangannan lebih lanjut.









0 Response to "Cara Membuat Cairan Pengelupas Furniture Kayu dan Besi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel