Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Perbedaan Membuat Furniture Dengan Kayu, HMR, MDF dan Plywood



By Mathew Furniture- Niko

Membuat furniture yang baik tentu saja harus menggunakan bahan material yang baik.
Material yang baik tentu saja, yang mempunyai kualitas, misalnya kayu jati. Kayu Merbau, Kayu Ulin dan Kayu-kayu kuat lainnya.

Membuat Furniture dengan kayu berbeda dengan membuat menggunakan material HMR, MDF dan Plywood, ketiga bahan material ini tidak bisa dibuat cat lapisan Melamik, sebab ketiga bahan ini hanya sebagai bahan kontruksi furniture saja, tidak mempunyai serat, urat dan motif, kecuali sudah ditempel veener atau dilapisi.
Berbeda dengan kayu yang bisa dikomendasikan dengan lapisan cat Melamik juga duco sehingga tampilannya lebih variatif, misalnya dengan menggunakan warna, sehingga seratnya akan timbul, kemudian dibuat natural, sehingga kesan naturalnya benar-benar nampak.
HMR dan MDF, tidak bisa digunakan untuk tampilan cat Melamik, sebab HMR dan MDF tidak mempunyai basik sebagai bahan kayu untuk dijadikan Melamik yang menonjolkan serat dan urat kayu.

Sisi lain dari MDF HMR dan Kayu.

1. HMR dan MDF sangat bagus untuk diaplikasikan ke bidang Furniture dengan tampilan cat duco. Sehingga lebih cepat menutup, permukaan nya rata tidak perlu banyak dempulan, kecuali bagian sambungan. Mudah cara mengerjakan nya untuk bidang datar, sehingga lebih cepat. 

Keunggulan lainnya dari HMR dan MDF ini. Ukurannya bisa di sesuaikan, ukuran MDF dan HMR 122x244 cm. Sehingga bisa melapisi untuk bidang panel, pintu, top meja, dan lain sebagainya. HMR Plywood dan MDF, bisa juga sebagai bahan kontruksi furniture yang akan dilapisi HPL, Taco Sheet, Supercon juga tentu saja cat Duco. 





Kekurangan dari Bahan material ini adalah kekuatan terhadap resapan air, Misalnya modelnya yang kualitasnya rendah, ini sangat rentan terhadap air. MDF merupakan singkatan dari medium-density fiberboard. Papan kayu ini terbuat dari serpihan kayu yang kemudian diolah hingga menjadi padat. Kayu MDF yang beredar di Indonesia kebanyakan merupakan produksi dalam negeri.
Sehingga kelas nya berbeda-beda.
Sementara Plywood adalah:
Kayu lapis atau sering disebut tripleks adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu yang direkatkan bersama-sama. Kayu lapis ini merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan sebelum adanya MDF.
Sementara HMR adalah:
Material ini merupakan high moisture resistant board, terbuat dari olahan kayu. Komposisi resin khusus yang ditambahkan pada material ini memberikannya ketahanan ekstra terhadap kelembapan, sekaligus kepadatan material yang lebih tinggi dengan tampilan warna hijau.
Dari ketiga material ini mempunyai keistimewaan tersendiri, namun kekuatan material biasanya terletak dari kualitas klasnya, sebab MDF sendiri ada beberapa macam yang kekuatan nya bisa menyamai HMR yang kuat terhadap resapan air.


2. Bahan Material Kayu

Kayu sebagai bahan-bahan material yang memang sangat banyak di gunakan saat ini oleh pengusaha furniture.
Disamping kuat, kayu juga sangat variatif, sehingga mudah untuk dibentuk berbagai macam desain, untuk membuat pintu panel. Kusen, hand rail. Kursi, meja dan furniture lainnya, kayu sebagai bahan furniture memang sudah dikenal sejak  3100-2500 SM, keberadaan kayu sebagai perabot rumah memang yang paling unggul.

Kekurangan Kayu.

Kekurangan kayu memang tidak terlalu besar, sebab kayu sangat banyak, namun terkadang ukurannya yang sudah mulai sulit saat ini, sehingga harus adanya penyambungan untuk bidang besar, sehingga harga kayu sangat mahal, sulitnya untuk mendapatkan ukuran yang besar saat ini, menjadi penyebab kurangnya pasokan, yang diinginkan, sehingga banyak yang beralih ke HMR dan MDF sebagai alternatif.

Keistimewan dan Keunggulan Kayu

Keistimewaan dan kekuatan kayu sebagaimana yang telah dibahas di atas, kayu memang material yang sangat kuat, sehingga kayu sampai saat ini sebagai bahan material untuk furniture sebagai alternatif utama bagi pengusaha furniture, Kayu-kayu saat ini yang ada di tanah air, sudah banyak di gunakan sebagai material kontruksi furniture yang baik, untuk di buat menjadi furniture, kayu mahoni, kayu kamper, kayu akasia, kayu suren, kayu sengon, kayu meranti dan kayu-kayu lainnya. 



Kayu juga sebagai bahan kontruksi rumah, sebagai pengganti lantai, penopang rumah, sebagai alat kesehatan, sebagai alat olah raga, dan kayu-kayu juga sebagai bahan bakar, terutama untuk membuat gas, seperti. Sygas, biometanol, dimetil eter, dan butanol.

Semoga artikel ini menjadi bahan pertimbangan untuk membuat furniture yang baik. 

Untuk pesan cat lapisan merek Milesi coatings, hubungi kontak kami



0 Response to "Perbedaan Membuat Furniture Dengan Kayu, HMR, MDF dan Plywood"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel