Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Membuat Urat Kayu Dengan Menggunakan Cat

 

 

                                  



Membuat urat kayu dengan menggunakan media  sikat atau menggunakan alat bantu, seperti paku yanag sudah dibuat atau ditemapatkan menyerupai sikat, ini akan mempermudah dalam pembuatan urat kayu.

Media kayu yang akan disikat harus memang sudah ada serat beasar, seperti kayu sungkay, kayu kelapa, kayu winge,  kayu oak dan white ash.

Kayu kayu tersebut memang hanya akan memunculkan serat yang sudah ada dari bawaan kayu tersebut.

Namun untuk membuat serat baru perlu adanya alat khusus.

                              

                                           Gambar kayu Hasil dari Graining tanpa Dasaran

Misalnya graing tool atau alat pembuat serat kayu, alat ini memang khusus untuk membuat serat kayu yang tidak memiliki serat. Seperti mahoni, kayu albasia,  kayu yang sudah dicat duco, orang-orang eropa sudah banyak yang menggunakan alat ini, misalnya untuk membuat serat pada furniture yang sudah using, alat ini memang sudah tidak asing lagi bagi para pembuat furniture, disamping cara menggunakannya juga sangat mudah, juga bisa menghemat hasil kerja, tidak harus merubah material kayu, atau kontruksi yang sudah ada, namun cukup dengan cara merubah catnya saja.



                                         
                                   Tahap Graining pada sebuah Panel, poto by Google

 


Cara kerja rubber graining tool adalah menguas sesuai arah kayu yang akan kita buat serat, namun yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian graining tool adalah cat untuk dasar yang sudah keras, tujuannya agar ketika pengaplikasian cat tidak terbawa atau rusak.

Cat yang yang digunakan adalah cat yang khusus. Untuk pendasaran searat, Seperti glize atau Winston untuk membuat serat marmer buatan, cat ini memang tidak menggunakan pengencer thiner, tetapi menggunakn apduner bahan yang tidak mudah kering atau menguap, glize biasanya lebih kewarna coklat, (marbling glaze, )


  

 Graining warna putih, poto By google


namun bagaimana apabila menggunakn cat lain, tentu bisa saja yang paling penting adalah cat yang tidak boleh cepat kering sehingga apabila ada kerusakan bisa segera menghapusnya, karena membuat urat kayu tidak bisa sekali jadi, perlu seni dan kejelian dalam membuat serat, misalnya ada kekurangan dalam pengaplikasian, untuk memberi efek khusus agar serat kayu yang dibuat tidak kaku. Sudut yang tidak bisa dijangkau oleh alat ini juga akan sangat menentukan hasil graining tool. Perlu adanya tambahan kuas kecil yang bisa dijadikan sebagai alat pembantu, untuk menambahkan sambungan kuasan graining tadi.



               

 Graining Tools poto by Google

 Menggunakan graing tool memang tidak seumum cat lain, seperti  cat duco, melamik dan membuat marmer pada bidang meja atau coloum rumah. Disamping cat duco dan melamik memang cara pengaplikasiannya juga sangat sederhana, tidak perlu tekhnik khusus dan cara kerjanya juga sangat simple.

 Tehnik graining sebenarnya sama saja harus dilapisi top coat, cat dasarnya harus rata, juga harus menggunakan cat yang tidak merusak cat itu sendiri, ( tidak senyawa).



                                                       
Contoh  Graining bentul Karet tipis

 


Langkah -langkah dalam Membuat Urat Kayu

 1. Dasaran kayu yang akan di graining harus rata dan kuat. Sudah kering dan tidak pecah ketiaka ada cat baru terutama saat finshing akhir( top coat).

2. Pendasaran glize harus rata, bisa dengan cara menguasnya semua bagian panel atau kayu, kemudian siapkan alat tool yang sudah bersih apabila telah digunakan, bersihkan terlebih dahulu apabila ada krikil dan pasir yang menyelip.

3. Siapkan kain bersih kain majun untuk mengelap alat tool agar tidak berantakan dan adanya cat yang menggumpl, sehingga tidak ikut menyatu dengan hasil graining tadi.

4. Tekan alat grainig tool dengan cara menarik pada permukaan panel atau kayu yang sudah dilapisi glaze, bukan mendorongnya, karena alat ini memang seperti sisir, kemudian untuk membuat tampilan urat besar kecilnya bisa dengan cara tekhnik bergelombang, sehingga tampilan urat akan terlihat seperti mata kayu. Namun perlu diperhatikan adalah hasil grainingnya, apakah sudah sesuai urat kayu?.

5. Usahakan membuat serat harus sama dengan kuasan pertama, sehingga urat akan terlihat rata, dan seperti hasil presan veneer, apabila membuat mata kayu atau serat besar, tahap selanjutnyapun harus sama dengan tehknik yang pertama, begitu juga selanjutnya,

6. Perapihan denagan kuas kecil bidang yang tidak terkena kuasan tool terutama bidang siku.

7. Biarkan mongering glaze yang sudah dibuat urat tadi, kemudian diampelas secara mengambang dengan gride 400, pungsinya agar tidak bared dan rata apabila ada glaze yang menggumpal.

8. Pengecekan ulang, apakah sudah sesuai yang diinginkan atau belum, sehingga apabila masih kurang bagus bisa menghapusnya, karena glaze tidak menempel seperti cat pada umumnya, kemudian buat urat baru seperti tahap awal.

9. Setelah benar yakin bahwa urat yang dibuat itu sudah sesuai, tahap selanjutnya adalah coating clear. Atau bisa dengan cara menambahkan warna misalnya agar terlihat kusam, untu menampilkan efek kayu kuno, namun apabila tidak cukup dengan cara coating langsung sesuai warna glaze.

10. Gunakan cat finish yang tidak keras, misalnya cat NC coating, atau bisa juga menggunakan cat PU.

 



                                          Contoh Graining Sisir

Membuat urat secara buatan memang perlu adanya tekhnik khusus dan mempunyai jiwa seni dalam  pengaplikasian cat dan  perkayuan, sehingga semua yang akan diaplikasikan sudah mempunyai standard pemesan atau warna, memang secara aplikasi tidak sulit namun disini penting menguasai tehknik membuat warna kayu dan serat kayu, apakah akan dibuat secara jelas atau membuat secara rastik dengan tampilan kayu kuno.

 

 

 

 

0 Response to "Membuat Urat Kayu Dengan Menggunakan Cat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel