Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Cara Membuat Chrome Dengan Cara Coating

 

            
                                                     
Poto sumber pics art

Untuk membuat chrome dari stenlis steel atau besi, memang saat ini sedang trend di masyarakat, terutama tampilan kuningan dan tembaga.

Pertokoan mewah dan perumahan yang modern, chrom coating banyak direkomendasikan sebagai pembantu furniture, agar tampilan furniturenya tidak menoton, salah satu yang sering digunakn adalah list cermin,handle pintu, dan kombinasi top laci.



   Poto sumber Pics art

Membuat chrome besi stenlis steel terkadang sebagai pengganti metal kuningan atau tembaga, yang selama ini sangat mahal, ukuran od 22mm bisa mencapai 55.000/ batang, tentunya yang ukuran lebih besar bisa kita hitung sendiri.



Stenlist steel mirror by Niko

Keistimewaan kuningan memang lebih cepat cara kerjanya, tinggal memolesnya, kemudian coatings clear, supaya tampilannya tidak berubah, namun untuk biaya coatingnya sendiri memerlukan  cat coating yang bagus, kuat dan tahan goresan, tentunya disini akan bertambah lagi cost produksinya, kuningan dan tembaga memang terkadang kalau tidak di coating dan di tempatkan pada bidang furniture, akan berubah warna, bercak coklat dan kehijau-hijauan, tampilan kuningan akan menjadi kusam, tentu saja apabila dipadukan dengan furniture berwarna putih, akan terlihat mencolok dan kontras.


    Poto sumber Pics art

Begitu juga tembaga, tidak jauh berbeda, namun apabila menginginkan nilai seninya, tembaga dan kuningan sangat menunjang untuk dipadukan dengan furniture klasik dan rustic. Biarkan kuningan mengeluarkan corak warnanya, karena biasanya kuningan dan tembaga yang sudah terpegang tangan, akan menampilkan warna lain yaitu coklat dan kehijau-hijaun, ini pengaruh dari tangan kita yang mengandung kadar garam dan air.

Kuningan dan tembaga yang sudah dipoles, tidak boleh terkena air langsung, begitu juga udara yang lembab, karena kuningan memang rentan mengeluarkan kadar karatnya.

 


Membuat warna kuningan dan tembaga

Membuat kuningan dan tembaga, tentu saja stenlist dan besinya harus benar- benar bersih, tidak berkarat, tidak bergelombang dan bercak.

Dibersihkan terlebih dahulu dari minyak yang akan merusak tampilan tembaganya, tidak boleh terkena air atau sentuhan tangan, menggunakan kain yang bersih untuk mengelapnya, diampelas dengan grid yang halus, kemudian mengcoatingnya dengan warna  clear khusus.




     Poto sumber Pics art

Untuk memuat stenlist dan besi menjadi kuningan dan tembaga, langkah pertama adalah coating sebagai pendasaran, pungsinya untuk merekatkan cat, juga untuk menahan karat dari permukaan, kemudian amplas dengan grid 2000 agar tidak baret, siapkan cat yang sesuai dengan keinginan, misalnya untuk warna tembaga, ikuti panduan buku tekhniknya pada kemasan, spray dengan cara mengambang, anginnya harus kencang tentu saja disini ruangan harus bersih, cat tidak boleh terlalu kental juga tidak terlalu encer, penyemprotan tidak bisa sekali jadi, perlu berulang ulang, agar warna menjadi rata, menyemprotan coating chrome tidak sama dengan menyemprot pada umumnya yaitu tiga kali layer, untuk chrome spray bisa saja mencapai 5 kali spray, secara pemikiran kita pasti menjadi tebal dan boros tentunya, padahal tidak, disini perlunya tekhnik khusus agar cat tidak boros, warna menjadi rata dan bagus,  penyemprotan secara tebal langsung, cat akan menjadi cepat menutup bidang, warna tidak sama, tampilan akan belang dan bergaris.


   Poto sumber Pics art

Begitu juga dengan membuat chrome besi dan tembaga, perlakuanya sama dengan cara diatas, perlu diingat juga, untuk menyemprot chrome warna kuningan dan besi, ketiga benda tersebut mempunyai perbedaan, disini tentunya akan berpengaruh dari tampilan chrome tersebut dari warnanya, walau dalam sebuah adukan cat atau satu kaleng yang sama.

Besi yang sudah diampelas akan terlihat putih ke abu-abuan warna tampilan lebih doff, begitu juga stenlist hairline atau HL, stenlist yang biasanya bergaris dan lebih doff,  beda dengan stenlist mirror, sudah pasti tampilan chrome dari ketiga metal ini akan berbeda warna.



Stenlist steel hairline poto by Niko

Mengapa bisa bebeda warna?

Coating chrome spray itu bukan cat duco atau warna, cotaing ini sangat tipis dan transparan, sehingga tidak akan bisa sama apabila bidang dasarnya berbeda, tampilan, secara warna memang tidak jauh, namun secara tampilan akan sangat kontras terlihat.


                        
   Poto Sirca cotings

Tahap  selanjutnya adalah cotaing akhir, setelah ketiga bidang tadi di sparay dengan benar dan bagus, tahap selanjutnya adalah coataing clear, siapakan coating yang sudah diaduk rata sesuai takaran dan tidak terlalu encer dan kental, kemudian spraykan ketiga metal tersebut seperti seperti halnya mengecet biasa, tiga layer, kemudian biarkan mongering beberapa jam.

Kemudian pemolesan, pemolesan untuk bidang besar, bisa dengan mesin polesh, namun untuk bidang yang kecil cukup menggunakan kain dengan cara menekannya berulang-ulang sampai benar-benar mengkilap, dengan menggunakan compound atau sampoli, dan jangan lupa diampelas apabila masih terlihat ada kotoran atau bintik.

 

 

 

 

0 Response to "Cara Membuat Chrome Dengan Cara Coating"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel