Mathew Furniture

Mathew Furniture
Mathew Furniture The real HOME furnitures. Aplikator | Furniture | Furniture-Interior | Desain- Buildes | Jual Cat Milesi Coatings : Hotline Telpon +62-812-8463-0000

Mengenal Kayu Rustik Dalam Furniture


Mathew Furniture

Rustic (Rastik) bila kita artikan adalah, berkarat atau kasar.
Kalau selama ini kita hanya mengetahui dalam sebuah perabot rumah atau Furniture lebih cenderung bergaya minimalis, elegan, dan cenderung menawan.
Dalam sebuah bidang rumah yang bergaya Rastik atau kuno terkadang apabila kita perhatikan terkesan asal-asalan, tidak rapih dan catnya banyak yang mulai pudar, lubang paku tidak di dempul, kayunya pun tidak di vernis.
Namun tidak semua rumah kuno bergaya rustik, tentu saja walau tidak secara langsung model rastik akan mengikuti.
Sebab rustic tidak bisa di pisahkan dari yang berbau kuno.
Kalau kita berjalan di sebuah rel kereta api yang bantalannya dari kayu jati atau kayu ulin, pasti kita akan menemukan model rastik dan kuno.
Bongkahan peti tua misalnya, rumah peninggalan jaman dulu yang sampai saat ini masih terawat sudah pasti rastik akan mengikuti.

Jadi bagaimana caranya membedakan rustic dari  sebuah kayu dengan kayu yang bukan rastik..?

1. Ya itu  kayu yang sudah cukup umur, dimana kayu-kayu tersebut sudah terkena udara panas dingin dan sedikit kusam.
Dari tampilannya sudah tidak seperti kayu, bahkan terkesan seperti sebuah besi yang sudah terkubur, tidak ada tampilan bagus malah terkesan rusak.
Banyaknya goresan alam, terkelupasnya bagian-bagian mata kayunya dengan sendirinya.



Terus apakah Kayu baru tidak bisa di katakan rastik?

Seperti arti rastik yang sebenarnya adalah berkarat dan kasar, tidak ada hukum rastik yang menyatakan bahwa rastik itu harus sesuai katagori.
Misal rustik itu tidak boleh begitu tapi harus begini.
Sesuai arti kata rastik berkarat dan kasar tadi.
Tidak ada yang bisa mengatakan karat itu harus memiliki standar rastik, begitu juga, belum tentu berkarat dikatakan rastik, misalnya membeli sebuah mesin tiba-tiba saja terkena karat.

2. Adalah rastik bergaya modern sesuai yang saya sebut diatas bahwa, rustik itu hanya pandangan kita yang memiliki hobi atau benda yang kuno seperti halnya sebuah lukisan abstrak tidak beraturan.

Apakah benda modern bisa dikatakan rustik?
Sangat bisa, sebab untuk menjadi sebuah benda rustik salah satunya kita harus merusaknya, dengan cara membakarnya, mengetoknya dengan benda tumpul
Menggoresnya, menjemurnya, merendam di dalam air yang kotor, bahkan kita bisa juga mengecatnya dengan cat khusus rastik.


LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT RASTIK PADA SEBUAH BESI

Besi adalah benda padat keras yang sangat mudah berkarat, ini sangat mudah dalam membuat besi menjadi rastik, hal yang paling mudah saat membuat rastik pada sebuah besi, yaitu dengan cara membiarkan berkarat terkena udara dan air hujan, menyiramnya dengan air garam, dan kimia HCL, mengosoknya dengan benda-benda kasar, dengen cara memukulnya   supaya gompal  dan terkesan rusak 

MEMBUAT RASTIK PADA KAYU YANG MASIH BAGUS

Yang harus kita lakukan adalah membuat rastik pada kayu yang baru dan natural

Kayu yang masih bagus disini kayu yang keras, untuk menjadikan hasil yang bagus, karena kayu yang keras lebih kuat saat pembakaran, pemukulan dengan benda tumpul, sehingga tidak pecah secara kaku, (kaku disini terkesan tidak ada seninya)
Untuk kayu yang empuk apabila akan di jadikan rastik idealnya lebih bagus di rendam di air yang kotor, memabakarnya dengan cara mengambang, menyikatnya agar terlihat lebih berserat dan kasar.

MEMBUAT RASTIK DENGAN MEDIA CAT DAN VERNIS.

Membuat rastik dengan menggunakan cat disini sudah pasti harus mempunyai jiwa yang mengerti arti rastik dan definisinya.
langkah awal saat akan mengerjakan bidang kayu yang bergaya rastik dengan cat dan vernis, terkesan sangat mudah walau terkadang hanya menggunakan sebuah goresan kuas, namun tidak mesti meggoreskan kuas menjadi rastik, bisa jadi menjadi cat biasa. tidak ada sentuhan rastiknya.



Membuat rastik dengan cat tentunya menguas dengan cara mengacak, tidak beraturan dan terkadang tidak sampai ke dasar kayu.
Menotol kayu dengan spon kemudian di kuas lagi, atau bisa juga dengan cara membasuhnya dengan cat dengan kain, mengguyurnya dengan cat yang sangat encer, sehingga tidak merata kemudian di kuas dengan cat yang beda warna dengan cara acak.



Rastik media dengan cat di kuas

Kemudian memvernisnya dengan tipis agar tidak berubah tampilan.

Hasil rastik sendiri memang yang bisa membedakan dan hasil yang baik adalah yang mempunyai jiwa seni, tanpa kita mempunyai jiwa seni dalam membuat rastik sulit rasanya untuk menjadi bernilai walau menjadi rastik malah akan terkesan kaku.

Rastik sendiri  walau terkesan sangat mudah cara membuatnya, namun ketika mencontoh bergaya alam itu tidak semua orang bisa melakukan. dan pastinya tidak akan sama.
Namun tidak ada batasan ketika semua orang membuat gaya rastik dalam pembuatan furniture agar terlihat lebih  indah, karena rastik tidak mempunyai batasan yang di jadikan patokan, semua goresan hasil yang di buat belum tentu akan menjadi sebuah gaya rastik. bisa saja menjadi sebuah kuasan cat kurang atau rusak yang tidak masuk  katagori rastik, namun gaya furniture rustik adalah. furniture yang memang terkesan dibuat asal-asalan, sehingga apapun yang kita rencanakan dalam membuat furniture yang bagus tentunya, memperlakukan furniture itu secara benar dan baik.

Baik disini adalah penempatan furniture dengan berbagai paduan furniture lain, sehingga furniture rustik akan tetap menjadi purniture yang disukai, walau terkesan asal-asalan dan tidak rapih, namun dari segi nilai seni masih banyak orang yang menyukai furniture bergaya rastik sampai saat ini.

Kesimpulannya. rastik adalah kasar dan berkarat, ada dua warna dominan, tapi bisa saja beberapa warna untuk menjadikan rastik lebih terkesan kuno dan bagus.

Penulis dan Editor
Niko

0 Response to "Mengenal Kayu Rustik Dalam Furniture"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel